Cara Setup Koneksi SSH Password-less ke Server Linux Lain

Berikut ini adalah cara koneksi via SSH dari satu server Linux ke server lainnya secara password-less alias tanpa repot isiin password lagi setelah setingnya berhasil. Sebagai contoh di sini saya punya 2 Linux VPS:

  1. Server-1 IP: 65.21.185.14
  2. Server-2 IP: 162.55.60.4

Saya akan login ke server-2 dari server-1 dan supaya kedepannya bisa otomatis login tanpa mengisi password server-2. Caranya cukup sederhana, urutannya seperti ini:

  1. Setelah sukses login ke server-1, jalankan command ini untuk men-generate ssh key pair: ssh-keygen
  2. Tidak perlu isi apapun, enter saja semuanya sampai muncul seperti ini
  3. Berikutnya jalankan perintah ini beserta ip dari server-2: ssh-copy-id -i /root/.ssh/id_rsa.pub 162.55.60.4
  4. Ketik yes untuk melanjutkan koneksi ke server tujuan
  5. Perintah tsb akan meminta untuk mengisi password root server-2. Isikan saja lalu tekan enter
  6. Pada tahap ini koneksi ssh tanpa isi password sudah berhasil dibuat. Sekarang coba dari server-1 tsb login ke server-2 dengan menjalankan perintah ssh 162.55.60.4, hasilnya bisa langsung masuk ke server-2 tanpa ada permintaan isi password.

Demikianlah cara konek dari satu server ke server lain secara password-less. Apabila server-2 berganti password maka login ke server-2 via ssh akan tetap dapat dilakukan tanpa setup ulang dan bahkan tanpa tahu passwordnya.

Koneksi ssh tanpa password ini nanti akan sangat dibutuhkan dan berguna ketika membuat autobackup, menjalankan command scp untuk transfer file, mounting remote dir, menjalankan rsync, dll.

Oh ya, perintah ssh-keygen di atas hanya satu kali dikerjakan jika belum pernah sama sekali. Selanjutnya jika ingin membuat koneksi ssh tanpa password ke server lainnya bisa langsung ke command ssh-copy-id tanpa perlu generate key pair dahulu.

Sedang cari VPS terbaik untuk project Anda?? Klik di sini!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here